Tips Membeli Rumah dan Hidup di Kota Medan

Memiliki hunian yang nyaman untuk keluarga adalah impian setiap orang dan menemukan yang cocok di hati bisa dikatakan gampang-gampang susah. Hal ini berkaitan dengan selera akan bangunan, letak, harga, fasilitas dan lain sebagainya. Untuk Anda yang hidup di Kota Medan, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda aplikasikan untuk membeli rumah. Perhatikan dengan seksama tips yang ada agar nantinya Anda akan mendapatkan rumah yang cocok dan merasa puas.


5 Tips Dapatkan Rumah di Kota Medan

Berikut ini adalah tips yang bisa Anda coba untuk membeli rumah dan tinggal di Medan :

1. Memperhatikan lokasi bangunan

Sebelum membeli, lakukan survey dan mencari informasi seputar jual rumah di Medan ke daerah rumah tersebut terlebih dahulu. Untuk Anda yang mungkin umat muslim dan takut dengan anjing, hindarilah lokasi yang banyak terdapat anjing. Seperti yang kita tahu, daerah Medan mayoritas penduduknya adalah non muslim dan banyak memelihara anjing. Hal ini tentu saja agar tercipta kenyamanan hidup karena tinggal di lokasi yang tidak nyaman akan sangat menyiksa.

Yang tidak kalah pentingnya adalah pilih lokasi yang sesuai dengan kebutuhan. Misalnya saja dengan memilih yang dekat dengan tempat kerja, sekolah anak, rumah sakit, pusat perbelanjaan dan lain sebagainya. Untuk Anda yang ingin menggunakan rumah sebagai tempat berdagang, pilihlah rumah yang lokasinya berada di dekat jalan besar sehingga mudah diakses.

2. Memperhatikan tanah dan bangunan

Perhatikan bangunan dan tanah yang akan dibeli terutama tentang kelengkapan data administrasinya agar tidak terjadi hal yang merepotkan di kemudian hari. Biasanya bila dokumen kepemilikan tidak lengkap, bisa jadi rumah dan tanah tersebut bermasalah atau dalam kasus sengketa. Hal ini akan merepotkan Anda bila tidak segera diurus dan diselesaikan segera.

Perhatikan juga bangunan fisik dari rumah apakah masih kokoh atau tidak. Bila sudah mulai rapuh dan rusak, Anda mau tidak mau harus menyiapkan budget untuk biaya renovasi. Jangan lupa jadikan hal tersebut sebagai pertimbangan agar nantinya tidak merasa rugi.

3. Memperhatikan kelayakan isi rumah

Saat membeli rumah pasti Anda ingin rumah yang fasilitasnya lengkap dan memadai bukan? Oleh karena itu jangan sungkan untuk melakukan survey kelayakan isinya apakah sesuai dengan harapan atau tidak. Untuk rumah yang bagus biasanya sudah dilengkapi dengan furniture, perlengkapan untuk dapur dan lain sebagainya.

Namun tentu saja hal ini berpengaruh pada harga yang nantinya ditawarkan penjual. Untuk Anda yang merasa cocok mungkin akan cukup membantu, namun bila berbeda dengan selera Anda tentu saja hal ini tidak menarik dan Anda mungkin terpaksa menggunakannya daripada harus mengeluarkan budget lagi. Bila seperti itu, Anda lebih disarankan untuk membeli rumah yang kosongan dan mengisinya sendiri.

4. Memperhatikan kondisi keamanan

Perhatikan keamanan sekitar dengan menanyakannya pada tetangga kanan kiri. Untuk rumah yang berada di komplek, biasanya akan lebih nyaman karena sudah tersedia security dan CCTV yang siap menjaga keamanan kapan saja. Keamanan ini adalah point penting sehingga Anda bisa meninggalkan rumah dengan lebih tenang tanpa khawatir.

Bila rumah Anda bukan kawasan perumahan, pastikan sistem siskamling berjalan untuk menjaga keamanan sekitar terutama di malam hari. Hal ini akan meminimalisir tindakan kriminal seperti pencurian atau perampokan.

5. Peluang untuk berinvestasi

Selain untuk digunakan sebagai tempat tinggal, Anda juga harus menilai sebuah rumah dengan sudut pandang dijadikan sebagai investasi. Bila Anda nantinya bisa membeli rumah yang lebih bagus lagi, rumah yang lama bisa Anda jadikan sebagai sarana berinvestasi. Salah satu caranya adalah dengan menyewakannya. Bila letak dari rumah tersebut strategis, tentu saja akan banyak penyewa yang tertarik dan harganya akan tinggi.

Ternyata cukup banyak hal yang harus Anda pertimbangkan saat akan membeli rumah yang baru. Untuk mendapatkan yang cocok Anda tidak boleh gegabah dan terlalu mudah mengambil keputusan. Akan lebih baik bila Anda melakukan survey ke beberapa rumah yang diincar untuk membandingkan harga dan fasilitasnya.