Tips Hemat Hidup Bagi Anak Rantau

Apakah Anda adalah seorang anak rantau yang hidup jauh dari keluarga? Hidup sebagai anak rantau memang harus kuat. Ada banyak tantangan yang harus dihadapi sendirian tanpa dampingan dari anggota keluarga dan sahabat lama. Bekerja dan tinggal sendirian di perantauan harus bisa mengatur kehidupan dengan sebaik-baiknya. Anda harus berlaku hidup hemat agar bisa menabung. Jadi, hasil jerih payah Anda selama bekerja di perantauan tidak akan sia-sia habis begitu saja.


5 Tips Hemat Hidup Untuk Anak Perantauan

Jangan panik, anak perantauan tetap bisa menabung kok. Dengan pola hidup yang hemat, Anda bisa menyisihkan sebagian penghasilan Anda untuk ditabung. Bagi perantau pemula, mungkin ini sulit dilakukan karena banyak keperluan yang harus dicukupi. Namun, Anda bisa melakukan beberapa tips hemat bagi anak rantau berikut ini.

1. Hemat makan dan minum

Makan dan minum merupakan kebutuhan pokok bagi manusia. Manusia tidak bisa hidup tanpa makan dan minum. Meskipun Anda memiliki uang banyak dari hasil jerih payah kerja Anda, Anda tetap bisa berlaku hemat. Belilah makanan dan minuman yang sehat. Jangan sering-sering membeli fast food karena tidak baik untuk kesehatan. Lebih baik lagi, Anda masak sendiri. Anda bisa masak nasi sendiri, dan tinggal beli lauk untuk lebih hemat.

2. Stop merokok

Bagi Anda para pria, pikirkanlah sekali lagi tentang merokok. Merokok lebih banyak ruginya daripada untungnya. Uang untuk membeli rokok bisa ditabung untuk membeli keperluan yang lebih berarti. Misalnya saja, Anda menghabiskan 20 ribu sehari untuk merokok. Daripada untuk merokok, uang 20 ribu tersebut bisa dikumpulkan. Dalam sebulan, Anda akan mendapatkan 600 ribu. Jumlah tersebut bahkan cukup untuk membayar kontrakan atau mencicil cicilan motor.

3. Atur jadwal ambil uang

Sebagai anak perantauan yang ingin berlaku hemat, Anda harus mengatur jadwal ambil uang Anda. Misalnya saja, Anda menjadwalkan mengambil uang di ATM setiap awal bulan dan tengah belan. Sebelum jadwal Anda mengambil uang, Anda tidak diperbolehkan mengambil uang. Dengan demikian, Anda akan lebih bisa untuk mengatur uang agar cukup hingga waktu mengambil uang tiba.

4. Usahakan tidak nyemil

Nyemil merupakan salah satu hal yang akan membuat pengeluaran Anda menjadi lebih banyak. Usahakan untuk tidak sering-sering nyemil. Kalaupun Anda ingin membeli camilan, belilah yang berkualitas dan hemat.

5. Kurangi shopping

Siapa sih yang tidak suka shopping? Hampir semua orang suka shopping. Shopping boleh-boleh saja jika tidak terlalu sering dan berlebihan. Anda bisa mencatat kebutuhan Anda setiap bulan untuk mengontrol keperluan yang ingin Anda beli. Dengan mencatat rencana pengeluaran, hal ini akan menghindarkan diri Anda dari belanja-belanja yang tidak penting.

Jadilah anak rantau yang bijak. Kontrolah pengeluaran Anda agar Anda mendapatkan buah yang manis dari hasil kerja keras Anda di perantauan. Dengan mengatur pengeluaran sebaik mungkin, Anda pun akan berhasil menjadi seorang perantau yang sukses.