5 Lokasi Tersembunyi yang Sering Dijadikan Sarang Tikus

Tikus merupakan jenis binatang pengerat yang cukup menyebalkan. Kehadirannya di rumah membuat banyak barang-barang menjadi rusak. Selain itu, kehadiran tikus ternyata juga bisa menimbulkan berbagai macam penyakit. Itulah mengapa kita harus menjaga kebersihan rumah agar terhindar dari tikus-tikus nakal. Namun, binatang kecil ini rupanya begitu pintar. Mereka suka bersembunyi di tempat-tempat yang jarang dijangkau.


5 Lokasi Tersembunyi di Rumah Yang Dijadikan Sarang Tikus

Beberapa area di rumah yang jarang Anda jangkau bahkan mungkin telah menjadi sarang yang aman dan nyaman untuk para tikus. Karena Anda tidak mudah menjangkaunya, tikus pun menjadi lebih leluasa untuk beranak pinak. Lokasi mana sajakah yang paling sering dijadikan sebagai sarang tikus?

1. Loteng atau atap

Loteng menjadi area paling nyaman untuk tinggal berhari-hari tanpa sepengetahuan Anda. Hal ini dikarenakan loteng memiliki tempat yang gelap dan mungkin dianggap tikus memberikan rasa aman. Tinggal berhari-hari di loteng membuat tikus bisa berkembang biak dengan cepat.

Karena jarang dijangkau oleh pemilik rumah, tikus juga dengan lebih mudah membuat sarang dari kardus dan lain-lain. Oleh karena itu, sekali-kali periksalah loteng Anda. Pastikan tidak ada tikus di sana.

2. Di dalam tembok

Rongga tembok di dalam rumah merupakan salah satu tempat yang aman dan nyaman bagi tikus untuk bergerak. Mereka dengan mudah bergerak kesana dan kemari melewati rongga tembok tanpa kesusahan. Bahkan, tikus dengan mudah membawa makanannya dan mengunyahnya di rongga tembok rumah.

Untuk memudahkan akses mereka, tak jarang tikus pun menggigit celah-celah pipa untuk menuju akses rumah lainnya. Tak jarang pula tikus pun memakan kabel serta kawat. Hal ini cukup berbahaya karena bisa menyebabkan hubungan jarang pendek pada listrik rumah. Maka, sekali-kali periksalah rongga tembok di rumah Anda. Pastikanlah tidak ada tikus di sana.

3. Di bawah peralatan rumah tangga di dapur

Dapur merupakan salah satu tempat yang paling disukai oleh tikus. Bagaimana tidak, tikus bisa mencari banyak bahan makanan di dapur. Oleh karena itu, jangan pernah menimbun sampah di dapur jika tidak ingin ada tikus. Ternyata, tikus juga sering bersembunyi di bawah peralatan dapur, contohnya di bawah rak.

Dalam beberapa kasus, tikus juga sering bersembunyi di dekat kompor gas. Biasanya, ketika membersihkan kompor gas yang paling sering dibersihkan adalah bagian atasnya. Jadi, bagian bawah pun sering dijangkau. Tidak hanya itu, bagian belakang mesin cuci pun seringkali menjadi incaran para tikus nakal. Maka, sekali-kali periksalah bagian-bagian tersebut.

4. Di kamar anak

Kamar anak merupakan salah satu tempat yang disukai oleh tikus. Ketika makan sesuatu dan remah-remah terjatuh di dalam kamar, hal itulah yang memancing tikus untuk datang ke kamar anak. Mereka biasanya akan bersembunyi di kolong kasur, di lemari baju, bahkan di lemari buku anak.

Oleh karena itu, menjaga kebersihan kamar anak sangat penting untuk dilakukan. Jadi, kamar anak tidak akan menjadi sarang tikus. Jangan lupa, periksa juga lemari-lemari buku dan baju supaya tikus-tikus tidak merajalela di sana.

5. Tempat penyimpanan sandal

Tempat penyimpanan sandal di samping rumah biasanya cukup lembab. Udara lembab inilah yang memberikan rasa nyaman kepada tikus. Jadi, jangan pernah lupa untuk mengecek sandal-sandal agar selalu bersih. Jika sandal kotor, hal tersebut akan disenangi oleh tikus. Jangan sampai Anda menemukan sandal Anda berantakan dan sudah penuh dengan kotoran tikus karena Anda jarang memeriksanya.

Bersihkan dan cek selalu tempat-tempat tersembunyi di dalam rumah agar terhindar dari jangkauan tikus. Jika Anda rajin membersihkannya, tikus-tikus nakal pun akan tidak betah bersarang di sana.